Kamis, 27 Oktober 2011

Asal Muasal Kertas


Kertas selalu kita temui dan gunakan dalam aktivitas kita sehari-hari. Sebetulnya dari mana sih asal kertas itu, dan siapa yang pertama kali menemukan kertas ini?

Bahan kertas pertama kali ditemukan oleh seorang pegawai negeri pada pengadilan kerajaan China yang bernama Tsai Lun, di tahun 105 Masehi. Tsai Lun mempersembahkan contoh kertas kepada Kaisar Ho Ti. Tentu Kaisar sangat senang dengan penemuan Tsai Lun tersebut, sehingga Tsai Lun mendapat kenaikan pangkat dan juga gelar bangsawan.
Penggunaan kertas mulai menyebar ke seluruh China pada abad ke-2. China mampu mengekspor kertas ke negara-negara Asia. Pembuatan kertas sangat dirahasiakan oleh negara China. Akan tetapi pada tahun 751 Masehi beberapa tenaga ahli pembuat kertas ditawan oleh orang-orang Arab. Sehingga penggunaan kertas dan cara produksinya menyebar di Baghdad, Samarkand, kemudian ke seluruh daerah Arab.
Baru pada abad ke-12, orang Eropa mempelajari teknik pembuatannya. Semenjak saat itu pembuatan kertas terus berkembang sampai akhirnya ditemukan mesin cetak oleh Gutenberg, untuk menggantikan kulit kambing sebagai alat tulis-menulis. Dan mulai saat itulah pemakaian kertas berkembang di seluruh dunia dan dipakai hingga sekarang.

Sumber: KUARK Komik Sains Level 3, edisi 12 Th.VI

Tidak ada komentar: