Kamis, 27 Oktober 2011

Asal Muasal Tinta


Kurang lebih 5000 tahun yang lalu, tinta dikembangkan di China. Saat ditemukan pertama kali, bahan tinta merupakan campuran antara jelaga dari asap kayu cemara, lampu minyak dan jelatin dari kulit binatang, serta darah yang dibekukan.
Tinta pertama digunakan di India pada akhir abad ke-4 SM (Sebelum masehi) disebut Masi, adalah campuran dari beberapa komponen kimia. Dokumen India yang ditulis dengan tinta pada Kharosthi (sejenis naskah kuno India) di gali di Turkistan Cina (sekarang Xinjiang).
Praktek penulisan dengan tinta dengan ujung pena yang lancip telah umum digunakan di India Selatan. Beberapa kain sutra (naskah religi India kuno) India, telah ditulis dengan tinta. Di India, karbon hitam yang merupakan asal diproduksinya tinta India dihasilkan dari pembakaran tulang, aspal dan bahan-bahan lainnya.
Di sebuah artikel pada Christisn Science Monitor, Sharon J. Hutington menjelaskan sejarah tinta lainnya.
"Sekitar 1.600 tahun lalu, resep tinta yang terkenal dibuat. Resep itu digunakan selama beberapa abad. Garam besi, seperti Asam Fero (terbuat dari besi yang dilumuri dengan Asam Sulfur), dicampur dengan tannin dari Galnut (mereka tumbuh di pepohonan) dan sebuah pewarna hitam kebiru-biruan. Lama-kelamaan warna dari tinta ini akan menjadi coklat redup"

Sumber: KUARK Komik Sains Level 3, edisi 12 Th.VI

Tidak ada komentar: