Minggu, 30 Oktober 2011

Buah Apa Namanya?




Kira-kira jaman sekarang ada anak yang tau gak ya gambar buah apa ini?
Buat yang belum tau, untuk buah yang warna hitam kalau di Jawa Timur biasa di sebut "Juwet" dan kalau di Jakarta di sebut "Jamblang". Kalau dari rasa agak-agak asem dan sedikit sepet, tapi kalau buah ini sudah masak rasanya manis juga kok. Cara makan versi saya sih setelah buah dicuci bersih, saya masukkan ke dalam mangkuk. Saya taburi sedikit garam, saya tutup mangkuknya dan kemudian saya kocok-kocok mangkuknya sampai semua garam tercampur dengan buah. Baru deh buah Juwet atau buah Jamblang bisa dinikmati.

Kalau untuk buah yang berwarna merah namanya Jambu Mete atau Jambu Monyet. Pasti semua masih inget waktu kecil kalau nggak mau nurut sama orang tua selalu di bilang "nanti bisa jadi seperti Jambu Monyet", karena seperti yang ada di gambar. Jambu monyet kepalanya [biji mete] ada di bawah. Sebagian besar orang mungkin berpikir kalau Jambu Mete yang bisa diolah hanya biji Mete-nya saja. Padahal, rasa buah jambunya juga nggak kalah seru. Cara makan Jambu Mete versi saya, pilih buah Jambu Mete yang sudah benar-benar masak. Buat bumbu rujak manis dan buah yang sudah dicuci bersih bisa diiris-iris kedalam bumbu sambil sedikit di tekan-tekan dengan ulekan sampai bumbu rujak betul-betul meresap. Tapi sebelum makan musti saya ingatkan, harus hati-hati makan rujak Jambu Mete. Karena rasanya yang sedikit sepet ditambah bumbu rujak yang agak pedas, bisa bikin kita kalang kabut waktu tersedak pada waktu makan.

Jadiiiiii...buat temen-temen yang belum pernah tau atau mungkin belum pernah makan, mulai sekarang boleh coba untuk hunting dua buah diatas. Karena sudah langkanya buah-buahan tersebut jadi agak susah nyari-nya.
Selamat berburu dan selamat mencoba ;)

Tidak ada komentar: